Facebook VS Twitter

Siapa yang gak tau dengan jejaring sosial facebook & twitter yang sedang mendunia pada saat ini,,taukah anda fitur2 didalamnya yang biasa kita gunakan dan apa perbedaannya fitur dalam facebook dan fitur dalam twitter...langsung saja kita bahas.



1. Facebook "share" & Twitter "Retweet"
Jika di twitter ada fitur retweet (RT) untuk menyebarkan sebuah postingan dari orang lain, di FB pun ada fitur serupa yang dinamakan share/bagikan.
Dalam fitur share ini; status, foto, video, catatan, atau bahkan sebuah link situs bisa kita sebarkan ke kawan-kawan kita (friend/subscriber) dalam bentuk postingan yang mengarah pada link dari postingan asli yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih mau share postingan tersebut di FB sendiri, FB teman, atau dalam grup dan page/halaman.

2. Facebook "Tag" & Twitter "Mention"
Salah satu ciri khas Twitter adalah fitur mention dengan tanda @. Dan sekali lagi, Facebook pun juga menyediakan fitur yang kurang lebih sama. Kita bisa mention kawan kita dalam status, foto, video, catatan, bahkan komentar. Dan orang yang kita tag akan mendapat notif atau pemberitahuan di FB mereka.

3. Facebook "Subcribe" & Twitter "Follow"
Awalnya FB hanya membatasi jumlah Friend Request atau Permintaan Pertemanan pada tiap akun sejumlah 1000 request. Ya, memang sampai saat ini peraturan tersebut masih berlaku. Tapi kini sudah ada fitur subscribe (langganan). Dimana fitur tersebut fungsinya seperti halnya follow, yaitu mengikuti perkembangan akun yang kita subscribe tanpa harus menjadi teman akun yang bersangkutan. Dan untuk subscribe akun biasanya tidak perlu persetujuan yang bersangkutan (kecuali disetting khusus).

4. Facebook "Chat"
Dalam fitur ini, kita bisa mengobrol secara pribadi dengan kawan kita melalui chat. Dengan fitur ini pula, kita bisa mengetahui kawan-kawan kita yang sedang online. Sedangkan twitter tidak mengeluarkan fitur chat.

5. Facebook "Thread Comment"
Di twitter, jika seseorang memposting tweet, kita sebagai follower tidak tau apa komentar dari orang-orang terhadap tweet tersebut. Paling banter mungkin orang itu hanya memberi deskripsi dan kesimpulan tanggapan orang-orang terhadap tweetnya tadi. Sedangkan jika seperti itu, sangat mudah untuk merekayasa. Seolah twitter itu adalah orang yang berbicara satu sisi pandang. Di facebook, seluruh aktivitas bisa dilihat dan dikomentari (jika disetting demikian). Mulai dari postingan status, foto, tautan, video, dll. Dan pembicaraan bisa menjadi semacam diskusi antara pemosting dan komentator yang kontra dengan TS (thread starter).

KESIMPULAN :
Twitter mungkin cocok bagi figur terkenal yang memiliki banyak fans. Maka dari itu banyak artis atau brand terkenal yang memiliki akun twitter dan aktif disana. Sebetulnya FB pun juga ada yang namanya FanPage, tapi mungkin bagi orang sesibuk mereka, mengakses Twitter lebih simpel dibanding FanPage FB.

Twitter mungkin masih punya kartu AS yang tidak dimiliki FB, yaitu #HashTag dan Trending Topic. Tapi sepertinya itu bukanlah sebuah fitur yang mengancam pengguna FB untuk beralih ke Twitter. Dan dengan segala fitur yang ada di Facebook yang tidak dimiliki Twitter, dan banyak fitur di Twitter yang ada di Facebook, membuat jarak keunggulan yang jauh antar kedua jejaring ini. Tidak heran jika rata-rata pengguna Facebook memiliki waktu online yang lebih lama (3 jam) dibanding pengguna Twitter (15-20 menit).

Tapi kembali pada masing-masing orang. Biasanya orang akan lebih aktif di tempat yang banyak temannya aktif disana.


sumber : http://fimadani.com/adu-fitur-2-situs-jeraring-facebook-vs-twitter/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar